AUSEINANDERSETZUNG: FENOPOL di tengah Civitas Academica FISIP Universitas Airlangga, Surabaya

Jendela_thumb

Dalam khasanah kosa kata bahasa Jerman, kata auseinandersetzung adalah kata kerja yang menunjuk pada suatu aktivitas. Aktivitas yang dimaksud adalah inter-aksi yang terjadi di antara manusia, di tengah manusia, dari manusia yang satu ke manusia yang lain. ‘Yang satu terarah keluar kepada yang lain dan memahami serta menegaskan diri’, itulah kurang lebih arti harfiah dari kata aus-ein-ander-setzung.

Fenomenologi sebagai suatu kajian meluas-mendalam mengenai kesadaran, mengenai cara bagaimana realitas menghadirkan diri bagi kesadaran dan dipahami oleh kesadaran melalui berbagai caranya yang beragam, secara mendasar juga adalah sebuah auseinandersetzung.Kesadaran yang intensional (selalu terarah kepada sesuatu yang lain selain dirinya sendiri) telah selalu mengandaikanadanya keberlainan, mengandaikan hadirnya orang lain dalam segala keberlainannya. Hadirnya orang lain dan keberlainan sebagai syarat dasar bagi kesadaran juga berlaku untuk ruang politik. ‘Yang lain’ dan keberlainan meletak secara mendasar sebagai fondasi utama politik. Inilah juga tesis utama yang menyatukan seluruh uraian filosofis-argumentatif buku FENOPOL.

Perjumpaan, persentuhan, sekaligus juga konfrontasi dengan ‘yang lain’ ini dialami langsung dalam auseinanderstzung dengan civitas academica FISIP Universitas Airlangga sebagaimana dilaporkan kembali secara baik dalam Bulletin FISIP UNAIR ‘JENDELA’. Sebagaimana setiap auseinandersetzung, di dalamnya selalu sudah memuat problematisasi (mempertanyakan), interpretasi (menafsirkan), dan komprehensi (proses pemahaman/memahami). Semua ini dapat dicermati dalam Bulletin JENDELA sebagaimana terlampir.

[klik gambar untuk membuka buletin]

One thought on “AUSEINANDERSETZUNG: FENOPOL di tengah Civitas Academica FISIP Universitas Airlangga, Surabaya

  1. bestari mengatakan:

    komentar, refleksi, dan pelaporan yang menarik. Ditunggu oase yang berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s