About

IPNIto Prajna-Nugroho adalah penulis dan peneliti yang lahir di Jakarta pada Nopember 1982. Ia adalah alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, dan menulis tesis sarjana mengenai dasar-dasar fenomenologi Husserl dengan hasil sempurna di bawah bimbingan Prof. Franz Magnis-Suseno, SJ, dan tesis magister mengenai fenomenologi antropologis di bawah arahan Prof. M. Sastrapratedja, SJ. Ia telah menulis berbagai naskah akademik dan esai filsafat yang pada pokoknya berkaitan dengan filsafat fenomenologi dan filsafat sosial politik. Tulisan-tulisannya dapat dibaca antara lain di Jurnal Driyarkara, Majalah Kebudayaan Basis, Jurnal Sastra Boemipoetra, dan beberapa buku bunga rampai tulisan. Saat ini di tengah aktivitas sebagai peneliti, konsultan, dan dosen filsafat, ia juga aktif berkontribusi sebagai peneliti dan narasumber ahli di Pergerakan Kebangsaan dan Sanggar Pembasisan Pancasila sejak akhir 2011.

SetyoA. Setyo Wibowo adalah penulis, peneliti, dan rohaniwan kelahiran Ambarawa, Jawa Tengah. Setamat pendidikan Seminari Menengah Mertoyudan, Magelang, ia bergabung dengan tarekat religius Serikat Jesuit pada 1988. Ia lulus dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara pada tahun 1994, memperoleh Maîtrise en Philosophie pada 2001 dari Université Paris I – Panthéon Sorbonne, dan memperoleh Docteur en Philosophie pada 2007 dari universitas yang sama dengan hasil sempurna di bawah arahan Prof. Luc Brisson. Ia mengkhususkan studi filsafatnya dalam kajian Filsafat Klasik-Antik, dan tesis master serta doktoralnya di Sorbonne ia khususkan untuk mendalami filsafat Platon dan Plotinos, dua filsuf-pemikir besar Yunani dari Zaman Klasik-Hellenis. Sejak mahasiswa ia telah aktif dalam berbagai gerakan pro-demokrasi dan komunitas diskusi. Saat ini selain menjadi pengajar di almamaternya Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, ia juga aktif berkontribusi sebagai nara sumber di dalam Pergerakan Kebangsaan dan Sanggar Pembasisan Pancasila sejak awal 2012.

Masdar1Sudaryanto adalah pendiri dan ketua Komite Nasional Pergerakan Kebangsaan dan Sanggar Pembasisan Pancasila. Ia juga merupakan tokoh senior politik Indonesia yang pernah menjabat sebagai ketua departemen politik pada presidium GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia). Sudaryanto merupakan sarjana filsafat lulusan Universitas Indonesia, dan menulis skripsi sarjana mengenai Fenomenologi Pengetahuan dan Sosial menurut Peter Berger di bawah arahan Prof. Suryanto Puspowardoyo.  Sejak 1992 hingga 1997 ia merupakan anggota parlemen (MPR/DPR RI) dari Fraksi PDI, dan kemudian duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA RI) bidang pertahanan dari 1998 hingga 2002.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s